Ilustrasi Cashless Society, foto dari Jambipos.id

Apakah Anda termasuk cashless society? Masih bawa uang tunai dalam jumlah banyak? Masih sering mengantri depan ATM? Atau justru Anda adalah seorang yang mengandalkan smartphone untuk segala jenis pembayaran?

Apabila hampir seluruh transaksi ada dalam genggaman, Anda termasuk dalam Cashless Society. Tapi tahukah Anda bahwa hampir setiap transaksi yang Anda lakukan sangat membantu UMKM maupun penyedia jasa yang tergabung sebagai mitra? Pemesanan makan siang Anda, pembayaran kepada mitra pengemudi, hingga pemesanan jasa lainnya sangat membantu UMKM untuk berkembang.

Apakah Anda sadar bahwa faktor promosi dan fleksibilitas pembayaran yang ditawarkan oleh merchant mempengaruhi keputusan Anda dalam memilih merchant yang akan Anda datangi atau pesan (secara online). Salah satu contohnya ketika Anda memesan makanan tertentu karena promosi potongan harga menggunakan dompet digital. Tidak dapat dipungkiri bahwa harga akhir yang dibayar akan mempengaruhi pilihan konsumen.

Dengan tingginya penetrasi dompet digital dalam UMKM, dampak positif dapat dirasakan oleh pemilik usaha. Pemilik usaha sangat dimudahkan oleh metode pembayaran fleksibel dan aman (cashless) karena mayoritas konsumen mengandalkan sistem ini. Singkatnya, konsumen diuntungkan oleh promo dari provider, UMKM diuntungkan dari meningkatnya penjualan.

Seperti dilansir oleh Detik.com, sebuah usaha restoran bakmi di Jakarta mampu meraup kenaikan keuntungan hingga 60% setelah bergabung dan menerima order via GoFood. Contoh lainnya sebuah warung makan bahkan membukukan kenaikan omzet hingga 200% setiap harinya setelah bergabung dengan GrabFood, seperti yang dilansir oleh CNN Indonesia. Hal ini tidak dapat terwujud tanpa kehadiran mitra driver yang sigap menerima pesanan dan tentunya Anda sebagai konsumen akhir.

Secara tidak langsung, keberadaan Cashless Society telah membentuk sebuah ekosistem yang menunjang kegiatan ekonomi produktif. Manfaatnya dapat dirasakan oleh pelaku UMKM, melalui peningkatan omzet. Omzet meningkat, usaha semakin besar, hingga terjadi ekspansi usaha. Ekspansi usaha dapat membuka lapangan pekerjaan baru, sehingga tingkat pengangguran menurun.

Jadi, apakah Anda termasuk Cashless Society?

Noel Bentara Immanuel
Student of MBA Tech, President University

 

Be Sociable, SHARE!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.